Rabu, 21 Januari 2015

Mempersiapkan Uji Kompetensi TIK CLCP Perdana

Setelah share tentang Persiapan Uji Kompetensi Perdana TIK, kali ini kami akan share tentang bagaimana Mempersiapkan Uji Kompetensi TIK CLCP Perdana. Pembahasan persiapan di sini kami fokuskan dalam  persiapan Administrasi.
Pada dasarnya, persiapan administrasi untuk UK-TIK tidak serumit yang Anda kira. Namun, akan menjadi lebih rumit manakala Anda tidak mencil dokumen-dukoumen yang diperlukan. Apa saja dokumen yang harus dipersiapkan untuk kegiatan UK-TIk? bagaimana Mempersiapkan Uji Kompetensi TIK CLCP Perdana?
Sebagai TUK-TIK agar dapat memberikan pelayanan prima sesuai Pedoman Operasional Baku (POB) UK-TIK, maka diwajibkan melaksanakan UK-TIK CLCP Perdana bagi Pengurus TUK-TIK, Instruktur dan staf LKP, atau Peserta Didiknya. Dengan demikian, Pelaksanaan UK-TIK CLCP Perdana sangatlah penting antara lain:
  1.  Menyatakan komitmen atas keseriusan sebagai TUK-TIK yang akan menjadi ujung tombak pengendali mutu lulusan lembaga pendidikan secara objektif, jujur, transparan dan wibawa;
  2. Memberikan pengalaman langsung secara teknis Pelaksanaan UK-TIK dengan menerapkan secara konsisten POB UK-TIK sebelum melayani masyarakat umum nantinya.
BAGAIMANA MEMPERSIAPKAN UK-TIK CLCP PERDANA?
Kemandirian dengan kesungguhan membaca – mempelajari – memahami – melaksanakan – dan mengikuti secara utuh dan lengkap Pedoman Operasional Baku (POB) UK-TIK adalah kunci Pengelolaan TUK-TIK yang benar – tepat dalam mewujudkan pelayanan prima dan professional.
Kami belum pengalaman melaksanakan Uji Kompetensi, belum diberikan Bimbingan Teknis dan kami merasa gugup atau khawatir gagal?
Pelaksanaan UK-TIK pada hakekatnya sama seperti pengalaman LKP Anda melaksanakan Ujian Lokal. Namun ada 2 hal yang membedakan dalam Pelaksanaan UK-TIK ini dan perlu dipertegas
yaitu:
  1. Mengikuti secara mutlak (utuh dan lengkap) Pedoman Operasional Baku (POB) UK-TIK secara konsisten dan apa adanya;
  2. Menjaga kejujuran, tidak ada tindak kecurangan (membiarkan peserta menyontek, peserta diganti orang lain – ‘joki’, mengcopy hasil pekerjaan dll) merupakan kunci Pelaksanaan UK-TIK;
Justru dengan UK-TIK CLCP Perdana ini merupakan Bimbingan Teknis sebagai kesiapan TUK-TIK melayani masyarat sesuai Nota Komitmen dan Rencana Aksi yang sudah disampaikan ke LSK-TIK. Diharapkan dengan pengalaman nyata ini maka seluruh personil di TUK-TIK dan LKP pembentuk memiliki kepercayaan diri untuk menyakinkan dan melayani pihak lain karena sudah mengalami sendiri sebelumnya.
TEKNIS PERSIAPAN UK-TIK CLCP PERDANA
1. Pastikan TUK-TIK telah memiliki 4 instrumen penting dari LSK-TIK yaitu:
a.  e-MODUL CLCP
Sebagai pegangan bagi calon Peserta UK-TIK tentang bahan dan materi yang akan diujikan yang terdiri dari:
  • Kisi-Kisi Materi Uji Kompetensi CLCP,
  • Pedoman Penilaian, dan
  • Contoh Soal UK-TIK.
b. POB UK-TIK
sebagai pegangan bagi Pengurus TUK-TIK tentang ketentuan teknis dan peraturan dalam pelaksanaan UK-TIK yang terdiri dari:
  • POB PELAKSANAAN UK-TIK
  • POB TATA TERTIB UK-TIK
  • POB PENGAWAS UK-PRAKTIK
  • POB KIRIM HASIL UK-PRAKTIK
  • CHECK-LIST POB KIRIM HASIL UK-PRAKTIK
  • BERITA ACARA UK-PRAKTIK
  • SURAT PERNYATAAN PENGAWAS UK-PRAKTIK
  • DAFTAR ABSENSI UK-TIK PRAKTIK
  • FORMULIR PENDAFTARAN UK-TIK
c. File PENDAFTARAN UKTIK CLCP PERDANA.xlsx
sebagai pegangan Ketua dan Admin TUK-TIK untuk melakukan pendaftaran permintaan UK-TIK ke LSK-TIK yang merupakan file terpadu yang berisi antara lain:
  • Petunjuk Pengisian Pendaftaran UK-TIK CLCP
  • Check-List Kelengkapan File Pendaftaran UK-TIK CLCP
  • Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Tahun 2012
  • Formulir Permintaan UK-TIK CLCP & Jadwal Perencanaan UK-TIK CLCP
  • Perhitungan Alokasi Biaya Uji Kompetensi CLCP
  • Rekapitulasi Data Peserta UK-TIK
  • Surat Pernyataan Pengawas Uji Kompetensi CLCP
d. Program SISKOMTIK
Sebagai program komputerisasi untuk pelaksanaan UK-TIK yang wajib diinstalasi oleh Teknisi TUK-TIK terhadap komputer admin, komputer server dan komputer client sesuai Data Tehnis Spesifikasi Komputer yang diajukan ke LSK-TIK.
  • Modul Administrasi UK-TIK, yaitu: pendaftaran peserta, penjadwalan UK-TIK, pencetakan Kartu Peserta UK-TIK, pencetakan Daftar Absensi UK-TIK, pencetakan
  • Berita Acara UK-TIK
  • Modul Penilaian Mandiri (Self Assesment)
  • Modul UK-Teori
  • Modul UK-Praktik
  • Dokumentasi LSK-TIK
2. Persiapkan calon Peserta UK-TIK CLCP Perdana sebanyak 10 orang peserta CLCP, yang diusulkan diikuti oleh Pengurus TUK-TIK, Instruktur & Staf LKP atau Peserta Didik. Pelajarilah dengan seksama e-Modul CLCP sebelumnya.
3. Lakukan Pendaftaran Permintaan UK-TIK CLCP Perdana dengan mengisi lengkap dan benar file PENDAFTARAN UKTIK CLCP PERDANA.xlsx lalu e-mail ke ukCLCP@gmail.com paling lambat 10 hari kerja sebelum jadwal pelaksanaan UK-TIK yang ditetapkan bagi TUK-TIK di pulau Jawa atau 12 hari kerja bagi TUK-TIK di luar pulau Jawa.
4. Lakukan Transfer Biaya Uji Kompetensi sesuai jumlah alokasi bagian LSK-TIK yang tertera di file PENDAFTARAN UKTIK CLCP PERDANA.xlsx ke rekening LSK-TIK.
5. Laksanakan Persiapan pada H-3 dan Cek-Ulang Persiapan pada H-1 untuk memastikan semua aspek telah sesuai dengan POB UK-TIK.
6. Laksanakan Uji Kompetensi CLCP Perdana sesuai POB UK-TIK dengan penuh komitmen dan konsistensi menjunjung tinggi kejujuran, kenetralan, dan tanggungjawab penuh kemandirian melaksanakan UK-TIK.
7. Segera kirim Hasil Pekerjaan Peserta UK-TIK setiap sesi ujian via email ke hasilCLCP@gmail.com paling lambat 1 jam setelah sesi ujian dinyatakan selesai.
8. Lakukan back-up seluruh Hasil Pekerjaan Peserta UK-TIK apa adanya ke dalam media penyimpanan CD/DVD ROM dan simpanlah baik-baik dalam kondisi tersegel.
9. Segeralah mengumumkan ke Peserta UK-TIK tentang Hasil Penetapan Kelulusan UK-TIK, yang akan diemail oleh LSK-TIK paling lambat 14 hari kerja setelah jadwal terakhir UK-TIK.
10. Segeralah melakukan penempelan pas-foto Peserta UK-TIK berikut stiker hologramnya kepada Peserta UK-TIK yang berhak menerima Sertifikat Kompetensi yang akan dikirim oleh LSK-TIK paling lambat 14 hari kerja setelah Pengumuman Hasil Penetapan Kelulusan UK-TIK.
11. Lakukan Sosialisasi dan Rencanakan kembali UK-TIK sebagai pengendalian mutu lulusan taraf nasional yang dilakukan secara objektif, tranparan dan professional.
Bagi sebuah lembaga kursus yang baru merintis TUK-TIK Mempersiapkan Uji Kompetensi TIK CLCP Perdana sangatlah penting. Untuk itu, ada baiknya mempelajari persiapan Administrasi ini. Artikel ini diambil dari LSK TIK.
Twitter: @LKPPIKOM

0 komentar:

Posting Komentar